Oleh: masadini | Oktober 23, 2009

Pengetahuan tentang Air Susu Ibu (ASI)

Mengapa ASI penting?

ASI merupakan makanan bayi yang terbaik (ASI is the best) karena komposisi ASI sangat kaya yang tidak bisa ditiru oleh pabrik susu manapun. Kandungan gizi yang optimal untuk tumbuh kembang bayi, mengandung banyak zat anti yang melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi, mengandung hormon dan enzim, bayi lebih cerdas karena selain zat gizi yang terdapat pada ASI juga stimulasi (taktil, pendengaran, penglihatan, penciuman) yang diberikan ibu selama menyusui.

Apa yang dimaksud dengan inisiasi dini?

Inisiasi dini adalah menyusukan bayi segera setelah lahir, asalkan ibu dan bayi dalam keadaan sehat. Dengan inisiasi dini ini, ASI akan lebih cepat keluar dan keberhasilan ibu menyusui jauh lebih baik. Selama bayi masih belajar menyusu, tidak boleh diberikan dot karena dapat mengakibatkan bayi bingung puting, kalau diperlukan bayi boleh diberi minum menggunakan sendok.

Apa yang dimaksud dengan ASI eksklusif?

ASI eksklusif adalah pemberian ASI saja sampai bayi berumur 6 bulan, bukan berarti setelah itu ASI dihentikan, ASI tetap diteruskan sampai anak berumur sekitar 2 tahun. Makanan pendamping ASI (MPASI) berupa makanan lumat (bubur bayi, buah lunak, jus buah) diberikan pada umur 6 bulan

Alasan pemberian MPASI mulai 6 bulan?

MPASI diberikan mulai umur 6 bulan karena: ASI saja masih cukup untuk tumbuh kembang bayi sampai 6 bulan, usus bayi telah siap untuk menerima makanan lain selain ASI, kekebalan bayi sudah cukup, bayi sudah mampu menelan dengan baik.

Bagaimana ibu bekerja yang ingin tetap memberikan ASI?

Tidak ada halangan bagi ibu bekerja untuk terus memberikan ASI. Selama cuti melahirkan sebaiknya bayi diberikan ASI saja. Mendekati masuk kerja ibu melatih bayi minum ASI hasil perasan, yaitu sisa ASI setelah bayi selesai menyusu diperas. ASI bisa disimpan di suhu ruangan sekitar 6-8 jam atau di kulkas sampai 24 jam, kalau dibekukan sampai 2 bulan. Selama bekerja kalau payudara ibu penuh, sebaiknya ASI diperas dan dibawa pulang untuk disimpan dan diberikan pada bayi pada saat ibu bekerja. Kalau terpaksa, bayi boleh diberikan susu formula hanya pada saat ibu bekerja saja.

Kalau ada masalah menyusui konsultasi kemana?

Bila ada masalah laktasi, sebaiknya jangan ditunda-tunda, konsultasi laktasi bisa dilakukan di Klinik Tumbuh Kembang Masadini pada jam praktek dokter.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: