Oleh: masadini | Juni 15, 2010

Developmental Milestones

Developmental Milestones

Bayi 0 – 3 Bulan

Perkembangan kognetif  bayi Anda merupakan suatu proses belajar dari daya ingat, bahasa, proses berfikir dan reasoning. Bayi Anda belajar untuk mengenali suara Anda. Dia juga belajar untuk memfokuskan penglihatannya dari sudut matanya ke tengah. Dalam tahap ini, rasa cinta dan percaya bayi Anda terhadap Anda mulai berkembang. Cara Anda memeluk, menyentuh dan bermain dengannya akan membentuk bagaimana dia berinteraksi dengan Anda dan orang lain

Sosial dan Emosional

  • Mulai dapat tersenyum pada orang lain
  • Senang bermain dengan orang lain dan  menangis bila permainan dihentikan
  • Lebih ekspresif dan berkomonikasi melalui gerak tubuh dan wajah
  • Meniru gerakan dan ekpresi wajah

Motorik

  • Mengangkat kepala dan dada ketika tengkurap
  • Menyangga tubuh bagian atas dengan lengan ketika tengkurap
  • Meregangkan kaki dan menendang ketika tengkurap atau terlentang
  • Membuka dan menutup tangan
  • Menjejakkan kaki ketika kaki diletakkan di permukaan datar
  • Memasukan tangan ke mulut
  • Meremas dan menggoyangkan mainan

Penglihatan

  • Memperhatikan wajah
  • Mengikuti benda bergerak
  • Mengenali benda dan orang di sekitarnya
  • Mulai dapat mengkoordinasikan gerakan tangan dan mata

Pendengaran dan Bahasa

  • Tersenyum ketika mendengar suara Anda
  • Mulai mengoceh
  • Mulai menirukan beberapa suara
  • Menoleh kea rah datangnya suara

Bayi 3 – 7 Bulan

Sosial dan Emosional

  • Senang bermain dengan orang lain
  • Tertarik dengan bayangannya di cermin
  • Merespon ekspresi emosi orang lain dan sering tampak senang

Kognitif

  • Menemukan benda yang sedikit tersembunyi
  • Mengekplorasi dengan tangan dan mulut
  • Berusaha meraih benda di luar jangkauan

Bahasa

  • Merespon terhadap namanya sendiri
  • Mengekplorasi dengan tangan dan mulut
  • Mulai merespon kata “tidak”
  • Dapat menyatakan emosi dengan intonasi suara
  • Menggunakan suara untuk mengekpresikan rasa senang dan tidak senang
  • Mengoceh rangkaian suara

Motorik

  • Berguling ke dua arah (depan kebelakang, belakang ke depan)
  • Duduk dengan atau tanpa bantuan tangan
  • Menyokong seluruh berat badan dengan kaki
  • Meraih dengan satu tangan
  • Memindahkan benda dari tangn ke tangan lainnya
  • Menggunakan tangan untuk menarik benda

Penglihatan

  • Mampu melihat semua warna
  • Penglihatan jauh telah berkembang
  • Peningkatan kemampuan mengikuti benda bergerak

7 – 12 Bulan

Sosial dan Emosional

  • Malu dan curiga dengan orang asing
  • Menangis ketika ayah dan ibu meninggalkannya
  • Senang meniru  orang lain ketika bermain
  • Menunjukkan kesenangan terhadap orang dan mainan tertentu
  • Menguji respon orang tua terhadap tingkah lakunya
  • Kadang merasa takut terhadap beberapa situasi
  • Lebih menyenangi ibunya dan atau pengasuhnya daripada orang lain
  • Mengulang suara dan gerak tubuh untuk mencari perhatian
  • Makan dengan tangannya sendiri
  • Meregangkan tangan atau kaki ketika sedang dikenakan baju

Kognitif

  • Mengeksplorasi benda dengan berbagai cara (menggoyangkan, membanting, melempar, menjatuhkan)
  • Menemukan benda tersembunyi dengan mudah
  • Melihat gambar yang benar ketika disebutkan
  • Meniru gerak tubuh
  • Mulai menggunakan benda dengan benar  (minum dari cangkir, menyisir rambut, menelepon, mendengarkan radio)

Bahasa

  • Lebih memperhatikan orang yang berbicara
  • Merespon terhadap perintah sederhana
  • Merespon terhadap “tidak”
  • Menggunakan gerak tubuh sederhana, seperti menggelenggkan kepala untuk menyatakan  “tidak”
  • Mengoceh dengan perubahan intonasi
  • Berkata “dada” dan  “mama”
  • Mencoba untuk meniru kata-kata

Motorik Kasar

  • Duduk tanpa bantuan
  • Merangkak dengan perutnya
  • Posisi merangkak
  • Merangkak dengan tangan dan lutut
  • Mengubah posisi dari duduk menjadi merangkak atau tengkurap
  • Berusaha untuk berdiri
  • Berjalan dengan berpegangan pada perabotan
  • Berdiri sebentar tanpa bantuan
  • Berjalan dua atau tiga langkah tanpa bantuan

Motorik Halus

  • Menjimpit
  • Membenturkan dua benda
  • Meletakan benda ke dalam wadah
  • Mengambil benda dari wadahnya
  • Melepaskan benda dengan sengaja
  • Menunjuk
  • Mencoba untuk meniru gambar

1 – 2 Tahun

Pada Masa ini, anak Anda menjadi lebih aktif bergerak dan awas terhadap dirinya dan sekitarnya. Keinginannya untuk menyelidiki benda dan orang baru meningkat. Pada tahap ini anak Anda akan menunjukkan kemandiriannya, mulai untuk menunjukkan perilaku membangkang, mengenali dirinya dalam gambar dan cermin, serta meniru tingkah laku orang lain, khususnya orang dewasa dan anak – anak yang lebih tua.

Sosial

  • Meniru tingkah laku orang lain, khususnya orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua
  • Menyadari bahwa dirinya berbeda dengan orang lain
  • Lebih tertarik terhadap kumpulan anak-anak lain

Emosional

  • Menunjukan peningkatan kemandirian
  • Mulai menunjukan perilaku membangkang
  • Merasa cemas terhadap perpisahan hingga pertengahan tahun kemudian menghilang

Kognitif

  • Menemukan benda walaupun disembunyikan di bawah dua atau tiga penutup
  • Mulai memilah-milah berdasarkan bentuk dan warna
  • Mulai “make believe play”

Bahasa

  • Menunjuk benda atau gambar ketika disebutkan padanya
  • Mengenali nama orang yang dikenalnya, benda dan bagian tubuh
  • Mengatakan beberapa kata tunggal  ( 15 – 18  bulan )
  • Menggunakan frase sederhana (18 – 24 bulan )
  • Menggunakan kalimat dengan 2 – 4 kata
  • Mengikuti perintah sederhana
  • Mengulang kata-kata yang sering didengar dalam percakapan

Motorik Kasar

  • Berjalan sendiri
  • Menarik mainan di belakangnya ketika berjalan
  • Membawa mainan yang besar atau beberapa mainan ketika berjalan
  • Mulai bisa berlari
  • Berjinjit
  • Menendang bola
  • Memanjat dan menuruni perabotan tanpa bantuan
  • Naik turun tangga dan dengan berpegangan

Motorik Halus

  • Menggambar sendiri
  • Membalikkan wadah untuk mengeluarkan isinya
  • Membangun menara dari 4 buah balok atau lebih
  • Menggunakan satu tangannya lebih sering dibandingkan tangannya yang lain

2 – 4 Tahun

Karena keinginan anak Anda untuk menunjukkan kemandiriannya, tahap ini dikenal dengan “Usia 2 tahun yang merepotkan”. Namun, ini dapat menjadi begitu menyenangkan bagi Anda dan si anak. Dia akan mengalami perubahan besar pada inteklektual, sosial dan emosionalnya yang akan membantunya menjelajahi dan merasakan dunianya yang baru

Sosial

  • Tertarik dengan pengalaman-pengalaman baru
  • Bekerjasama dengan anak-anak lain
  • Bermain dengan “Ayah” atau “Ibu”
  • Senang bermain fantasi
  • Berpakaian dan membuka pakaian
  • Lebih mandiri

Emosional

  • Memandang diri sendiri sebagai orang seutuhnya, yaitu tubuh, pikiran  dan perasaan
  • Sering tidak dapat membedakan mana fantasi dan realitas

Kognitif

  • Mampu menunjukkan dan menyebutkan nama warna dengan benar
  • Mengerti konsep berhitung dan mengetahui beberapa angka
  • Berusaha memecahkan masalah dari satu sudut pandang
  • Mulai memiliki kemampuan membedakan waktu
  • Mengikuti 3 perintah
  • Menceritakan kembali sebagian kecil cerita
  • Mengerti konsep dari “sama” dan  “berbeda”
  • Bermain dalam permainan fantasi

Bahasa

  • Menguasai beberapa dasar gramatika bahasa
  • Berbicara dalam 5 hingga 6 kata
  • Bercerita

Motorik kasar

  • Melompat dan berdiri dengan satu kaki selama 5 detik
  • Naik dan turun tangga tanpa bantuan
  • Menendang bola ke depan
  • Melempar bola
  • Kadang dapat menangkap bola yang dipantulkan ke lantai
  • Bergerak maju dan mundur dengan cepat

Motorik Halus

  • Mencontoh gambar segi empat
  • Menggambar orang dengan satu atau atau empat bagian tubuh
  • Menggunakan gunting

4 – 5 Tahun

Saat anak Anda masuk pada masa ini, dunianya mulai terbuka. Dia menjadi lebih mandiri dan lebih memusatkan perhatian pada orang dewasa dan anak-anak di luar keluarga. Dia ingin tahu dan sering bertanya tentang apa yang ada di sekitarnya. Interaksinya dengan keluarga dan orang disekelilingnya akan membantunya untuk membentuk kepribadian dan caranya sendiri dalam berpikir dan bergerak

Sosial

  • Ingin menyenangkan Teman
  • Ingin menjadi seperti temannya
  • Cenderung mengikuti peraturan
  • Senang menyanyi, menari, dan bermain peran
  • Menunjukkan kemandirian yang lebih, bahkan dapat mengunjungi tetangga sebelah seorang diri

Emosional

  • Lebih awas terhadap perbedaan jenis kelamin
  • Mampu membedakan fantasi dan realitas
  • Kadang suka menuntut, kadang menurut

Kognitif

  • Dapat menghitung 10 atau lebih obyek
  • Mampu menyebutkan paling sedikit 4 jenis warna
  • Lebih mengerti konsep waktu
  • Mengetahui fungsi benda-benda  yang digunakan sehari-hari di rumah

Bahasa

  • Menceritakan kembali sebagian cerita
  • Berbicara suatu kalimat lebih dari 5 kata
  • Menceritakan cerita yang lebih panjang
  • Menyebutkan nama dan alamat

Motorik Kasar

  • Berdiri dengan satu kaki lebih dari 10 detik
  • Melompat dan jungkir balik
  • Berayun dan memanjat

Motorik Halus

  • Menggambar segitiga dan bentuk-bentuk lain
  • Menggambar orang dengan badan
  • Menulis beberapa huruf
  • Berpakaian dan membuka pakaian tanpa dibantu
  • Menggunakan garpu dan sendok
  • Mulai peduli dengan kebiasaan

6 – 8 Tahun

Masa ini membawa perubahan besar pada kehidupan anak Anda. Mengembangkan kemandirian dalam lingkungan keluarga menjadi begitu penting. Mulainya masa sekolah membawanya berhubungan dengan dunia yang lebih besar. Persahabatan menjadi lebih penting. Kemampuan fisik, sosial, dan mental berkembang cepat. Masa ini penting unutk mengembangkan rasa percaya diri dalam berbagai hal

Emosional / Sosial

  • Lebih mandiri
  • Memiliki kemampuan yang baik untuk membedakan yang benar dan salah
  • Mulai berpikir tentang masa depannya
  • Memulai perhatian yang lebih untuk pertemanan dan kerja kelompok
  • Mempunyai keinginan untuk disenangi dan diterima oleh teman-teman

Kognitif

  • Perkembangan pesat intelektual
  • Memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menceritakan pengalaman dan pengungkapan ide dan perasaan
  • Lebih peduli terhadap orang lain

9 – 11 Tahun

Kemandirian anak Anda dari keluarga dan ketertarikan dalam pertemanan semakin jelas pada masa ini. Pergaulan sehat sangat penting bagi perkembangan anak Anda, namun tekanan teman sebaya juga begitu kuat. Anak-anak yang merasa nyaman dengan dirinya lebih mampu untuk menahan tekanan negatif dari teman sebaya. Masa ini merupakan masa yang penting untuk meningkatkan rasa tanggung jawab seiring dengan kemandiriannya. Masa ini merupakan masa puber, terutama pada anak perempuan.

Pada masa ini anak Anda

  • Mempunyai hubungan pertemanan dengan sebayanya yang lebih kompleks. Dimana hubungan itu akan menjadi penting secara emosional
  • Mengalami tekanan yang lebih besar dari teman sebayanya
  • Menjadi lebih bebas dari keluarganya
  • Menyadari perubahan pada tubuhnya bersamaan dengan datangnya masa pubertas/akil baliq
  • Menghadapi lebih banyak tantangan akademis di sekolah

12 – 14 Tahun

Pada masa remaja awal ini terjadi berbagai perubahan fisik, emosional, dan mental pada anak. Hormon-hormon berubah saat masa pubertas dimulai. Pada anak laki-laki mulai tumbuh rambut pada wajah dan rambut kemaluan, dan suaranya juga akan menjadi lebih rendah. Pada anak perempuan payudara mulai berkembang dan mulai menstruasi. Mereka dapat merasa cemas dengan perubahan ini. Pada masa ini juga sangat rentan terhadap tekanan teman-teman sebaya untuk memakai alcohol, rokok, obat-obatan terlarang dan hubungan seksual

Emosional/Sosial

  • Lebih peduli terhadap penampilan dan cara berpakaian
  • Mulai fokus terhadap diri sendiri
  • Mood yang labil
  • Lebih tertarik dan dipengaruhi oleh teman sebayanya
  • Berkurangnya perhatian kepada orang tuanya. Kadang terlihat kasar  dan emosi
  • Gangguan atau perubahan pola makan biasanya muncul pada usia ini

Mental/Kognitif

  • Kemampuan lebih untuk mengungkapkan ide dan kompleks
  • Mampu mengekpresikan perasan melalui percakapan
  • Banyak remaja yang kadang merasa sedih atau depresi

15 – 17 Tahun

Masa ini adalah masa terjadinya perubahan fisik, mental, kognetif dan seksual pada anak remaja Anda. Kebanyakan anak perempuan sudah matang secara fisik dan telah selesai mengalami masa pubertas, sedangkan anak laki-laki masih mengalami masa pertumbuhan. Pada masa ini remaja juga mengembangkan kepribadiannya yang unik

Emosional/Sosial

  • Meningkatnya ketertarikan terhadap lawan jenis
  • Berkurangnya konflik dengan orang tua
  • Meningkatnya kemandirian
  • Berkurangnya waktu yang dihabiskan bersama orang tua dan lebih bayak bersama teman sebayanya

Mental/Kognitif

  • Memiliki kemampuan untuk bekerja lebih teratur
  • Lebih perhatian terhadap masa depan
  • Telah dapat membedakan yang baik dan yang buruk
  • Kesedihan atau depresi yang dapat mengarah kepada penurunan prestasi sekolah, penggunaan narkoba, seks bebas, pikiran bunuh diri dan lain-lain

Responses

  1. makasi tulisannya tentang tumbuh kembang anak. teruslah memberi pencerahan. u Masadini God bless you


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: