Oleh: masadini | Juni 15, 2010

Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Anak tumbuh, berkembang dan belajar sepanjang hidupnya, dimulai saat lahir. Perkembangan anak dapat diikuti dari bagaimana ia bermain, belajar, berbicara dan tingkah laku. Keterampilan seperti langkah pertama, tersenyum untuk pertama kali dan melambaikan tangan adalah berbagai macam milestones tumbuh kembang anak. Anak-anak akan mencapai milestones dalam bidang seperti bermain, belajar, kemampuan bahasa, bertingkah laku, dan motorik (merangkak, berjalan, dll)

Keterlambatan tumbuh kembang adalah dimana anak Anda tidak mencapai milestones tersebut pada saat yang sama dengan anak-anak lain sebayanya. Jika anak Anda tidak berkembang dengan semestinya, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak Anda. Dengan bantuan Anda, anak Anda dapat mencapai potensi maksimalnya.

Dokter Anda akan melakukan skrining untuk mengetahui apakah anak Anda telah memepelajari keterampilan-keterampilan tertentu disaat yang tepat, ataukah anak Anda mengalami masalah dalam perkembangnannya. Dokter Anda akan bertanya kepada Anda, atau berbicara dan bermain dengan anak Anda selama pemeriksaan untuk mengetahui bagaimana anak Anda belajar, berbicara, bertingkah laku dan bergerak.

Jika keterlambatan tumbuh kembang tidak dikenali sejak dini, intervensi yang dibutuhkan oleh anak juga akan terlambat. Hal ini selanjutnya dapat menyebabkan kesulitan belajar saat masuk sekolah. Di Amerika Serikat 17 persen anak-anak mengalami gangguan tumbuh kembang seperti autisme, retardasi mental, ataupun ADHD. Selain itu, banyak anak-anak mengalami keterlambatan dalam bahasa dan area lainnya. Tetapi lebih dari separuh anak-anak tersebut telah diidentifikasi sebelum masuk usia sekolah, sehingga mendapatkan intervensi yang tepat oleh dokter anak dan kemungkinan mampu untuk masuk sekolah dan belajar seperti anak-anak seusianya.

Berikut ini adalah beberapa penyakit tumbuh kembang yang sering terjadi. Diharapkan dengan mengenali gejala-gejala sejak dini, intervensi dapat diberikan sedini mungkin, sehingga didapatkan hasil yang maksimal


Responses

  1. Semoga lebih banyak lagi materi terbaru yang disajikan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: