Oleh: masadini | Desember 20, 2012

BABY SPA

Berbagai macam hidroterapi dapat diterapkan pada anak-anak, tergantung usia dan kondisi anak. Salah satu hidroterapi yang sering dilakukan pada anak adalah baby spa.

1.   Pengertian

Dari asal katanya SPA (Solus Per Aqua) yang berasal dari bahasa latin memiliki arti  Solus ( pengobatan / perawatan), Per (dengan), Aqua (air). Sehingga SPA berarti suatu sistem penyembuhan dengan menggunakan air.

SPA dalam pelayanan kesehatan adalah treatment yang mencakup promotif dan preventif. SPA disini lebih diarahkan untuk perawatan yang mencakup body (fisik), mind, spirit, supaya tercapai kedamaian dan relax (kenyamanan).

2. Unsur Dasar Spa

a.  Terapi Air (hidroterapi)

Adalah penggunaan air dan atau dengan ramuan bahan alam (tumbuhan, mineral, minyak atsiri, garam, susu, lumpur, lulur) untuk perawatan kesehatan tubuh dengan mengatur suhu, tekanan, arus, kelembaban serta kandungan air.

b. Pijat (massage)

Adalah tehnik perawatan tubuh dengan cara pemijatan yang menggunakan gerakan anggota tubuh (tangan, jari, siku, kaki) dan atau alat bantu lain pada jaringan lunak (kulit, otot, Saraf) yang memberi efek stimulasi, rileksasi, melancarkan peredaran darah, peredaran limfe (getah bening)

3.    Manfaat Baby Spa

a. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan perkembangan mental.

Saat lahir, otak bayi memiliki sedikit informasi tentang bagaimana untuk bergerak di lantai karena dia tidak pernah memiliki pengalaman itu. Namun, bayi sudah memiliki tujuh bulan informasi tentang bagaimana rasanya bergerak dalam lingkungan berair.  Memberikan kesempatan bagi bayi untuk bergerak di dalam air adalah cara yang ideal untuk mengembangkan tubuh sehingga memperkuat ekstremitas (lengan, tangan, kaki, jari-jari).

Selain itu memperkenalkan bayi ke air dapat membantu menghindari pengalaman traumatis dalam air.

b. Meningkatkan perkembangan sensorik

Dalam lingkungan air tubuh neonatus terapung dan jalur sensorik semua bayi berkembang, seperti penglihatan, pendengaran, perasaan, rasa dan sensasi bau. Untuk alasan ini, sangat penting bahwa mereka memiliki kesempatan untuk berenang sejak hari pertama kehidupan atau sesegera mungkin.

c. Meningkatkan kepercayaan diri

Berdasarkan teori yang ada, melakukan terapi baby spa selama 1 tahun akan membuat si kecil terlihat lebih ceria dan penuh percaya diri.

d. Meningkatkan kapasitas paru-paru, memperkuat jantung

e. Membuat bayi tidur nyenyak

f. Meningkatkan berat badan

4. Usia Tepat Baby Spa

Usia 3-6 bulan adalah saat tepat bagi bayi untuk mulai melakukan baby spa. Setelah usia 3 bulan neck control sudah baik sehingga kepala bayi dapat tegak. Bayi juga memiliki sepasang refleks yang dapat membuat mereka berenang dengan baik yaitu refleks menyelam (dive reflek) dan refleks berenang (swim reflek). Refleks menyelam, yang disebut juga respon bradycardic, menyebabkan bayi untuk menahan nafas mereka dan membuka mata mereka ketika terendam.

Refleks renang bayi ada sampai bayi berumur sekitar 6 bulan, bayi yang ditempatkan di air akan menggerakkan lengan dan kaki dalam gerakan renang. Ketika refleks berenang dan refleks menyelam keduanya terlibat, bayi bisa terlihat seperti perenang yang alami.

5.   Persiapan Baby Spa

Yang harus dipersiapkan terapis untuk baby spa adalah :

a. Bak mandi

Ukuran bak mandi tidak terlalu sempit sehingga anak dapat leluasa menggerakkan tangan dan kakinya.

b. Pelampung leher (neck ring)

     Neck ring yang dipergunakan adalah neck ring yag berkualitas yaitu aman dan nyaman digunakan.

b. Popok

Gunakan popok dengan perlindungan ganda yang dapat digunakan di dalam air.

c. Handuk

d. Baby oil

e. Mainan anak untuk di kolam

Mainan yang digunakan adalah mainan mengapung di air dan tentu saja aman untuk anak.

Persiapan orang tua bayi untuk baby spa sebagai berikut :

  1. Bayi makan setengah atau satu jam sebelum melakukan baby spa
  2. Siapkan susu atau makanan untuk diberikan setelah baby spa
  3. Bawalah handuk sendiri untuk mengeringkan badan bayi

 

6. Pelaksanaan Baby Spa

1. Pemanasan

Sebelum memulai aktifitas berenang, bayi sebelumnya harus melakukan pemanasan sebentar seperti menekuk kaki, tangan, didampingi oleh terapis. Pemanasan penting karena bertujuan untuk menyiapkan otot dan sendi tubuh. Dengan pemanasan suhu tubuh akan meningkat kurang lebih satu derajat celcius. Kenaikan suhu ini akan diikuti dengan meningkatnya denyut jantung yang akan menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih cepat sehingga pasokan oksigen ke dalam otot menjadi lebih banyak. Setelah pemanasan ini, diharapkan bayi akan mampu menggerakan anggota tubuh dengan cepat, kuat, sudut gerak yang luas, dan rasa nyaman.
imageBlog

gb. pemanasan

2. Siapkan air hangat dalam kolam dengan suhu sekitar 33° C.

3. Masukkan bayi yang telah dibuka bajunya dan telah menggunakan popok serta neck ring ke dalam bak mandi.

4. Biarkan bayi berenang di dalam bak mandi selama 10-15 menit

5. Angkat bayi dari bak mandi, keringkan dengan handuk

6. Berikan massage pada tubuh setelah diberikan baby oil terlebih dahulu. Saat posisi terlentang massage dimulai dari kaki, perut, dada, tangan dan wajah. Saat tengkurap berikan massage pada punggung bayi

7. Spa bayi selesai bayi dapat diberi minum dan berganti pakaian

Kontraindikasi :

a. Demam

b. Kelainan Jantung bawaan

c. Luka terbuka

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: